SHELL CSH KSH BASH Bourne Again Shell Adalah

Kamis, 24 Februari 2011

PENGERTIAN DAN MACAM2 SHELL,DLL

1. Pengertian SHELL!
2. Sebutkan dan jelaskan macam-macam SHELL!
3. Jelaskan penggunaan PS, Clear, ECHO, Parameter, Chmod 755!
4. Sebutkan macam-macam perintah/command yang umum pada SHELL! Jelaskan dan berikan contoh minimal 20!
Jawaban
1. Shell, dalam komputer adalah salah satu jenis program bawaan sistem operasi (seringnya merupakan program yang terpisah dari inti sistem operasi) yang menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dan sistem operasi. Contoh dari shell adalah COMMAND.COM dalam MS-DOS, Macintosh Finder (Macintosh), Windows Explorer, Command Prompt/cmd.exe, PowerShell dalam Microsoft Windows, Bourne shell, C shell, Korn shell dan masih banyak lainnya khususnya dalam keluarga sistem operasi UNIX.
Shell adalah program penerjemah perintah yang dijembatani user dengan sistem operasi. Pada umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan, baik perintah internal shell ataupun perintah eksternal shell untuk mengeksekusi suatu file program. Disamping itu, shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file dengan menggunakan editor teks, untuk dieksekusi seperti layaknya sebuah program.
2. a.Bourne Shell (sh)
sh adalah shell standar Unix yang dibuat tahun 1979 oleh Stephen Bourne dari AT&T dengan memakai bahasa pemrograman Algol. sh terkenal karena sederhana, compact, and cepat. Kelemahannya adalah kurang interkatif seperti tidak ada history, aliasing, dan job control. Default prompt shell sh adalah $ (dolar).
b. C Shell (csh)
csh memiliki feature yang lebih lengkap dibandingkan sh. Shel ini dibuat tahun 1970an oleh Bill Joy dari University of California at Berkeley dengan menggunakan bahasa C.
Fitur yang terdapat dalam csh antara lain command-line history, aliasing, built-in arithmetic, filename completion, dan job control. Kelemahnnya adalah karena didesain untuk mesin skala besar dan memiliki banyak fitur maka shel ini cenderung lambat bila digunakan pada mesin kecil. Default prompt shell csh adalah % (persen).
c. Korn Shell (ksh)
Korn shell merupakan pengembangan dari bourne shell yang ditulis oleh David Korn dari AT&T pada pertengahan 1980an. Feature Korn shell antara lain editable history, aliases, functions, regular expression wildcards, built-in arithmetic, job control, coprocessing, dan special debugging. Default prompt shell ksh adalah $ (dolar).
d. Bourne Again Shell (bash)
Bash merupakan default shell Linux yang merupakan pengembangan dari bourne shell sehingga kompatibel juga di Unix. Shell ini dibuat pada tahun 1988 oleh Brian Fox dari FSF GNU. Fitur yang dimiliki bash antara lain interaktif, dapat membuat shortcut, bisa berwarna, dll. Default Bash prompt adalah $ (dolar).
3. PS,Perintah ini digunakan untuk melihat setiap proses yang dijalankan di dalam mesin beserta nomor prosesnya.
ECHO adalah statement (perintah) built-in bash yang berfungsi menampilkan informasi ke standard output yang defaultnya adalah layar.
Clear, untuk membersihkan layar dari semua printah / statement
Parameter,untuk menginput suatu hasil yang menampilkan scara mendatar
Chmod 755, untuk mengizinkan suatu perintah agar bias di eksekusi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Thx dah berkunjung di blog gw.
Tolong jaga Omongan yah Gan.

BILA ADA LINK YANG RUSAK LANSUNG KOMENT YAH

 
 
 

Follow Me

 
Welcome to dedemit community crew TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA BERMANFAAT | PASANG IKLAN DISINI VIA PULSA FLEXI 10RIBU 7 HARI